Selasa, 08 November 2011

mata bayi

Tips Mudah Menguji Mata Bayi 

 

Informasi seputar masalah kesehatan mata bayi merupakan artikel yang mengupas berbagai info yang bisa menjadi pengingat dan sebagai anti-anti untuk anda dalam menjaga dan memperhatikan kesehatan bayi anda. Bagi anda ini perlu disimak juga lho.

Ada beberapa masalah kelainan mata yang bisa menimpa anak pada saat perkembangan dan pertumbuhan. Bila kelainan mata bayi pada umur kurang dari satu tahun kebanyak disebebkan oleh faktor keturunan alias bawaan.

Retinopathy of prematurity (ROP)
Kejadian ini deisebabkan karena kondisi retina yang belum sempurna. Kejadian ini bila fatal bisa menyebakan kebutaan. Kejadian ini juga sering terjadi pada bayi yang prematur.
Infeksi konjungtivitis gonore
Kejadian ini dikarnakan bayi yang lahir melaluhi vagina ibu yang terkena gonore.
Katarak infantil
Kejadian ini dikarenakan kekeruhan di mata bayi


Glaukoma kongenital
Kejadian ini karena faktor bawaan karena drainase mata yang terbentuk belum sempurna saat lahir.
Blogiztic akan mengulas informasi tips mudah menguji penglihatan mata anak anda yang benar sebagai berikut.
Cobalah meletakkan sebuah objek menarik di depan salah satu matanya dan mengamati bagaimana anak bayi Anda bereaksi terhadap objek itu. Objek tersebut bisa wajah Anda atau mainan kecil, misalnya boneka berwarna cerah. Reaksinya akan menunjukkan keberadaan dan kualitas penglihatan pada mata yang diuji. Dalam hal ini sebaiknya Anda tidak menggunakan objek yang berbunyi, misalnya lonceng kecil, karena akan sulit menentukan apakah bayi melihat atau mendengar lonceng.
Setelah balita mulai berbicara, dia dapat diajak berpartisipasi dalam proses pengujian. Gambar-gambar atau benda akrab, seperti mainan, boneka, dan lainnya dapat digunakan untuk menguji. Anak diminta mengidentifikasi objek yang ditunjukkan. Setiap mata harus diuji secara terpisah, dengan mata lain tertutup, karena itulah cara terbaik untuk mengetahui apakah ada perbedaan dalam kemampuan penglihatan.
Sebagai orang tua kita harus peka saat anak menunjukan gejala adanya masalah pada penglihatan matanya dan periksakan segera ke dokter ahli mata untuk mengetahui dan menangani masalah pada mata anak. Sebagai kunci utama keberhasilan dalam penyembuhan mata adalah deteksi dini.

0 komentar:

Poskan Komentar